Selasa, 24 Juli 2018

9 Replika Menara Eiffel di Seluruh Dunia

Menara Eiffel merupakan ikon utama dari Kota Paris, Prancis. Tapi, tahukah Anda ada 9 replika Menara Eiffel yang tersebar di seluruh dunia? Bagi yang mau melihat menara eiffel, kini tidak harus datang ke Perancis. Dikutip dari DetikTravel, berikut ini adalah 9 Replika Menara Eiffel Di Seluruh Dunia

1. Paris, Texas


Di Negara Bagian Texas di AS, ada kota kecil bernama Paris dan memiliki replika Menara Eiffel yang selesai dibangun pada tahun 1993 dengan skala 1:16. Menara Eiffel milik Texas tersebut bersaing dengan Menara Eiffel milik Tennessee yang juga selesai di bangun pada tahun 1993.

Awalnya, Menara Eiffel Texas dirancang untuk lebih tinggi 1,52 meter dari saingannya, tapi ternyata, Menara Eiffel Tennesee memiliki tinggi lebih dari milik Texas. Untuk menyelesaikan persaingan tersebut, Texas menambahkan topi koboi di atas menaranya dan menjadi pemenang dengan total tinggi 19,81 meter.

2. Parizh


Rusia punya kota kecil bernama Parizh di Chelyabinsk Oblast, dan punya replika Menara Eiffel yang selesai dibangun pada tahun 2005. Dengan skala 1:6, menara tersebut memiliki fungsi sebagai menara jaringan selular.

3. Slobozia


Cerita yang beredar mengatakan, melalui sejumlah suap dan perbuatan buruk lainnya, seseorang mendapakan uang untuk membangun sebuah theme park di kota kecil Slobozia, di Romania. Memiliki skala 1:6, replika Menara Eiffel dibangun di tempat itu. Tidak hanya Eiffel, melainkan banyak replika bangunan dari acara TV Amerika tahun 70-an, Dallas. Sekarang, orang tersebut berada di penjara.

4. Hangzhou


Replika Menara Eiffel yang terletak di Hangzhou, China ini dibangun tahun 2007 dengan skala 1:3. China membangun sebuah kota dengan replika lain seperti Mount Rushmore, dan Gedung Putih. Sekarang, kota tersebut sudah seperti kota berhantu yang ditinggalkan. Pemerintah China berharap, orang-orang akan segera pindah ke kota tersebut sebagai dampak dari ledakan jumlah populasi penduduk.

5. Las Vegas


Replika Menara Eiffel yang terletak di Las Vegas ini merupakan replika yang paling mirip dengan aslinya secara tinggi dan luas, dengan skala 1:2. Replika tersebut begitu populer dan dikenal luas di seluruh Amerika Serikat sebagai Paris Las Vegas Casino di Vegas Strip. Replika tersebut bahkan memiliki akun Twitter-nya sendiri.

6. Filiatra


Replika Menara Eiffel yang terletak di Filiatra, Yunani ini memiliki skala 1:18. Letak menara ini di pintu masuk Desa Filiatra. Sang seniman yang membuatnya juga pada waktu yang bersamaan membangun sebuah kastil ala negeri dongeng di luar Filiatra.

7. Durango


Replika Menara Eiffel yang terletak di Durango, Meksiko memiliki skala 1:6. Replika tersebut didonasikan oleh komunitas Perancis di Durango. Tetapi, sejumlah bentuk perusakan merupakan masalah yang dihadapi replika menara tersebut. Kerusakan banyak terlihat pada bagian kaki menara. Akan tetapi, replika menara tersebut masih menyala saat malam, sekalipun terdapat tali raksasa yang diikat pada bagian bawah menara.

8. Shenzhen


Replika Menara Eiffel yang terletak di Shenzhen, China tersebut memiliki skala 1:3 dan merupakan salah satu bagian theme park Window of the World. Theme park tersebut menampilkan 130 replika dari berbagai ikon dunia dengan replika Eiffel Tower sebagai yang tertinggi.

9. Paris, Tennessee


Negara Bagian Tennessee di AS juga punya kota bernama Paris. Tapi, replika Menara Eiffel di sini harus mengakui kekalahannya pada Menara Eiffel milik Texas yang lebih tinggi. Menara ini memiliki skala 1:20 dan dibangun di Universitas Christian Brothers. Tapi, pihak kampus harus pasrah karena banyaknya mahasiswa yang mendaki replika tersebut.

Arizal Firmansyah adalah Seorang Blogger dan Praktisi IT, Multimedia, Broadcasting, & Media Online. Juga Pendiri & Pengelola RIZALmedia.


EmoticonEmoticon